Penerapan teknik pengajaran role play dalam penelitian dilatar belakangi olehpermasalahan kemampuan bercakap bahasa Inggris yang dihadapi oleh mahasiswa semester dua. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjawab: 1) Sebarapa jauhkah peningkatan kemampuan bercakap bahasa Inggris mahasiswa dengan penerapan teknik Role Play. 2) Faktor-faktor apa saja yang bisa meningkatkan kemampuan bercakap bahasa Inggris mahasiswa dengan penerapan teknik Role Play. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana objek penelitiannya adalah mahasiswa semester 1/B di STKIP Nasional Pauh Kambar. Data penelitian diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, interview, rubrik penilaian. Temuan penelitian adalah sebagai berikut: penerapan teknik Role Play meningkatkan kemampuan bercakap bahasa Inggris mahasiswa. Berdasarkan data kuantitatif, peningkatan terlihat pada hasil tes awal ke tes siklus pertama dimana skor dimulai dari 14,93 meningkatkan ke 17,57. Dari siklus pertama ke siklus kedua, terdapat peningkatan dari 17,57 ke 20,87. Dari siklus kedua ke siklus ke tiga, terdapat peningkatan dari 20,87 ke 22. Berdasarkan data kualitatif, ditemukannya faktor-faktor penunjang dari peningkatan kemampuan bercakap mahasiswa dengan penerapan teknik Role play diantaranya: kegiatan belajar yang komunikatif, peran dalam percakapan, dan seting dalam Role Play.
Copyrights © 2024