Pengelolaan pariwisata adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh masyarakat, swasta maupun pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sebuah objek wisata. Pengelolaan diartikan sebagai suatu rangkaian pekerjaan atau usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk melakukan serangkaian kerja dalam mencapai tujan tertentu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan atraksi pendukung oleh masyarakat di obyek wisata pantai Tobololo. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu melibatkan upaya-upaya penting, seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan prosedur-prosedur, mengumpulkan data yang spesifik dari para partisipan, menganalisis data secara induktif mulai dari tema-tema yang khusus ke tema-tema yang umum, dan menafsirkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek pengembangan bersifat stagnan dan cenderung menurun, sementara dari aspek pengaturan menunjukkan bahawa terdapat empat bagian dalam kepemilikan lahan yang sah secara hukum oleh empat orang pemilik lahan yang terbentang disepanjang pantai, sementara dari aspek kelembagaan menunjukkan bahwa belum adanya suatu organisasi atau pokdarwis yang mengelola obyek wisata secara menyeluruh, setiap pemilik lahan mengelola tempatnya masing-masing dan belum adanya suatu bentuk kerja sama baik antar pemilik lahan. Kata kunci: Pengelolaan, Atraksi wisata , Pantai Tobololo
Copyrights © 2024