Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VI. Penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VI di SDN Kalicacing 02 Salatiga. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap dengan dua siklus. Disetiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Metode pembelajaran PQ4R dilaksanakan pada siklus I dan siklus II, pada setiap siklus guru menerapkan langkah- langkah pembelajaran sesuai dengan langkah- langkah PQ4R. Subjek penelitian pada kelas VI yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki- laki dan 6 perempuan. Data penelitian diambil dengan observasi dan tes membaca pemahaman. Observasi dilakukan oleh observer untuk mengetahui keatifan penerapan metode PQ4R di dalam kelas, sedangkan tes membaca pemahaman dilakukan dengan mengacu pada rubrik keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan presentasi ketuntasan peserta didik meningkat secara signifikan pada pra siklus 20%, mengalami kenaikan pada siklus I menjadi 40% serta pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 70%. Maka penerapan metode PQ4R dapat dikatakan berhasil meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VI SDN Kalicacing 02
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025