JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 12 No 1 (2025)

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PQ4R PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI KALICACING 02 SALATIGA

Jatmiko, Wahyu (Unknown)
Dewi Koeswanti, Henny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VI. Penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) sebagai upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VI di SDN Kalicacing 02 Salatiga. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap dengan dua siklus. Disetiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Metode pembelajaran PQ4R dilaksanakan pada siklus I dan siklus II, pada setiap siklus guru menerapkan langkah- langkah pembelajaran sesuai dengan langkah- langkah PQ4R. Subjek penelitian pada kelas VI yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki- laki dan 6 perempuan. Data penelitian diambil dengan observasi dan tes membaca pemahaman. Observasi dilakukan oleh observer untuk mengetahui keatifan penerapan metode PQ4R di dalam kelas, sedangkan tes membaca pemahaman dilakukan dengan mengacu pada rubrik keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan presentasi ketuntasan peserta didik meningkat secara signifikan pada pra siklus 20%, mengalami kenaikan pada siklus I menjadi 40% serta pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 70%. Maka penerapan metode PQ4R dapat dikatakan berhasil meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VI SDN Kalicacing 02

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...