Kemajuan pesat teknologi digital yang dipercepat oleh pandemi COVID-19 telah berdampak signifikan pada institusi pendidikan di seluruh dunia, termasuk perguruan tinggi teologi. Penelitian ini mengeksplorasi adaptasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIM) untuk mendukung pembelajaran jarak jauh di institusi pendidikan tinggi teologi di Indonesia. Melalui kajian literatur terhadap studi-studi relevan dan mutakhir, artikel ini mengidentifikasi tantangan dan peluang utama yang terkait dengan implementasi SIM dalam konteks pendidikan teologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi SIM menawarkan manfaat yang substansial—seperti peningkatan aksesibilitas terhadap pendidikan, fleksibilitas jadwal belajar yang lebih baik, dan sumber daya pendidikan yang lebih kaya—namun juga menghadirkan tantangan yang signifikan. Tantangan tersebut meliputi infrastruktur digital yang tidak memadai, kebutuhan akan literasi digital di kalangan dosen dan mahasiswa, serta kesulitan dalam mengintegrasikan nilai-nilai teologis dalam kerangka digital. Lebih lanjut, penelitian ini menekankan bahwa adaptasi SIM yang berhasil dalam pendidikan teologi memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan dukungan institusional, pelatihan berkelanjutan untuk staf, dan pengembangan strategis infrastruktur digital. Dengan mengatasi faktor-faktor ini, institusi teologi dapat memanfaatkan SIM secara efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan keberlanjutan pembelajaran di era digital.
Copyrights © 2024