Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Peningkatan Literasi Digital Siswa dan Guru Sekolah Menengah Pertama melalui Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif

Muhlis (Unknown)
Ramdani, Agus (Unknown)
Syukur, Abdul (Unknown)
Jamaluddin (Unknown)
Restu, Adam (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Sebagian besar siswa memiliki kemampuan digital yang tidak berbandinglurus dengan perkembangan teknologi digital yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Kondisi ini menunjukkan bahwa kemampuan digital yang dimiliki siswa masih belum memuaskan, untuk itu diperlukan pemahaman siswa tentang literasi digital. Berkaitan dengan hal tersebut maka tujuan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan siswa terhadap literasi digital selama pembelajaran sesuai dengan kebutuhan abad 21. Target sasaran Pengabdian kepada Masyarakat adalah siswa sekolah menegah pertama (SMP) di Kota Mataram. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan edukasi mengenai pentingnya literasi digital dalam menyikapi transformasi pendidikan sesuai tuntutan abad 21. Hal ini selaras dengan tujuan sustanaible developments goals (SDGs) untuk menciptkan pendidikan yang berkualitas (ESDGs). Kualitas pendidikan di Indonesia tergolong masih rendah, hal ini dibuktikan dengan masih rendahnya kemampuan berpikir siswa, selain itu pembelajaran masih jarang memanfaatkan media. Tahapan kegiatan ini terdiri dari 1) tahap perencanaan; 2) tahap persiapan, 3) tahap pelaksanaan, dan 4) tahap evaluasi. Peningkatan literasi digital siswa dengan menfasilitasi siswa dalam belajar menggunakan multimedia interaktif terintegrasi SDGs. Penggunaan multimedia interaktif dianggap mampu untuk menjawab keresahan dari guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah. Multimedia interaktif dapat mentransferkan peran dan fungsi konten dalam belajar mengajar menjadi luwes dan fleksibel. Manfaat secara nyata bahwa, siswa lebih mudah mengakses panduan belajar dan termotivasi untuk belajar lebih baik. Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran mempermudah guru untuk menyampaikan materi ajar ke siswa, siswa dapat membaca kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan bantuan aplikasi atau web yang dapat diakses menggunakan handpone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...