Media Didaktika
Vol 10 No 2 (2024): November 2024

ANALISIS BEHAVIORIS TOKOH DALAM NOVEL BURUNG KAYU KARYA NIDUPARAS ERLANG (KAJIAN TEORI BEHAVIORISME B.F. SKINNER)

Sukowati, Ida (Unknown)
Ihsan, bisarul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pedekatan Behaviorisme dari B.F. Skinner. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data trsebut berupa kata-kata yakni wujud dari perubahan perilaku dialami oleh tokoh pada novel Burung Kayu karya Niduparas Erlang yang di akibatkan oleh perilaku lingkungan dan, penyebab awal mula perubahan perilaku yang di alami oleh tokoh dalam novel Burung Kayu karya Niduparas Erlang yang di akibatkan oleh pengaruh lingkungan. Teknik pengumpulan datanya berupa teknik simak dan catat. Analisis datanya menggunakan analisis isi dan analisis deskriptif. Hasil penelitian diatas adalah (1) Wujud dari perubahan perilaku yang di alami oleh tokoh dalam novel Burung Kayu karya Niduparas Erlang. Pada tahap ini, penulis menjabarkan perubahan perilaku yang di alami oleh tokoh akibat dari pengaruh lingkungan dengan beberapa kutipan untuk mengetahui perubahan perilaku tokoh yang di akibatkan oleh pengaruh lingkungan, (2) Penyebab awal mula perubahan perilaku yang di alami oleh tokoh dalam novel Burung Kayu karya Niduparas Erlang. Pada tahap ini, penulis menjabarkan penyebab awal mula perubahan perilaku yang di alami oleh tokoh yang diakibatkan oleh pengaruh lingkungan dengan memperhatikan adanya beberapa kutipan-kutipan untuk mengetahui penyebab awal mula perubahan perilaku yang di alami oleh tokoh akibat dari pengaruh lingkungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

The journal is published by the Postgraduate Program of Universitas Islam Darul Ulum Lamongan as a medium of information and dissemination of research results, classroom action research, theoretical developments, scientific papers on education and learning, and best practice from any field of ...