Bagaimana nilai sosial siswa setelah mempelajari dan memahami peran Pendidikan Agama Islam? Penelitian ini bermanfaat bagi guru untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan mereka dalam masyarakat sosial. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode campuran dengan desain eksplanatori. Sampel penelitian terdiri dari guru dan siswa. Temuan penelitian dianalisis dan dijelaskan menggunakan teknik pengumpulan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sosial siswa, dari total 3 sekolah, yaitu SMP Negeri 30 Tanjab Timur, SMP Negeri 24 Tanjab Timur, dan SMP Negeri 11 Tanjab Timur, didominasi oleh hasil dalam kategori sangat baik. Hal ini terlihat ketika aktivitas pembelajaran mereka mempraktikkan nilai-nilai sosial seperti disiplin, kejujuran, kesopanan, dan saling menghargai, yang merupakan nilai-nilai sosial yang umumnya berlaku di sekolah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024