Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya kinerja tenaga kependidikan dalam menyelesaikan pekerjaan, pemerataan pembinaan tenaga kependidikan, ketidaksesuaian tugas dengan bidang tenaga kependidikan, serta pengelolaan administrasi belum maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut pembinaan tenaga kependidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek penelitian yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, 2 orang tenaga kependidikan, 2 orang tenaga pendidik di MTsN 9 Padang Pariaman. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembinaan tenaga kependidikan sudah berjalan namun belum sepenuhnya sesuai dengan konsep indikator perencanaan pembinaan tenaga kependidikan ; 2) Pelaksanaan pembinaan tenaga kependidikan dilakukan dengan 2 cara, pertama pembinaan secara internal dilaksanakan dalam bentuk seminar, rapat, dan penegasan tugas, kedua pembinaan secara eksternal dalam bentuk pelatihan, workshop, lokakarya dan bimtek ; 3) Tindak lanjut pembinaan tenaga kependidikan dilakukan oleh kepala madrasah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum dengan bentuk adanya reward dan funishment.
Copyrights © 2024