Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan E-Modul berbasis Discovery learning berbantuan PhET simulation kelas X Fase E SMA Kartika 1-5 Padang. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy exsperimental) dengan randomized posttest only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Kartika 1-5 Padang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah yaitu 349 peserta didik terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelas ekperimen adalah kelas X E1 dan X E3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dengan analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik menjadi lebih tinggi menggunakan E-Modul berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation. Berdasarkan hasil uji t: Two Sample Assuming Equal Variance didapatkan nilai thitung kedua kelas 2,89 lebih tinggi dari ttabel (1,99) dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa, penggunaan E-Modul pada pembelajaran berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation memberikan capaian kemampuan berpikir kritis peserta didik yang lebih tinggi pada pembelajaran fisika terutama pada materi energi terbarukan.
Copyrights © 2024