Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Efektifitas penerapan metode Drill terhadap peningkatan keterampilan membatik ecoprint siswa tunagrahita di SLB Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis Single Subject Research atau SSR dengan desain A-B-A-B. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penggunaan metode drill memberi efek yang positif terhadap peningkatan kemampuan membatik ecoprint siswa tunagrahita. Oleh karena itu, secara empiris dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill memiliki efektifitas terhadap peningkatan kemampuan membatik ecoprint siswa tunagrahita di SLB Negeri 1 Makassar. Simpulan hasil penelitian ini: 1) Keterampilan membatik ecoprint berdasarkan hasil analisis Fase baseline 1 (A1) sangat rendah, 2) Keterampilan membatik ecoprint berdasarkan hasil analisis fase Intervensi 1 (B1) mulai meningkat., 3) Keterampilan membatik ecoprint berdasarkan hasil analisis fase Baseline 2 (A2) kembali menurun setelah intervensi dihilangkan 4) Keterampilan membatik ecoprint berdasarkan hasil analisis fase Intervensi 2 (B2) kembali mengalami peningkatan setelah intervensi dilakukan. Hasil membatik ecoprint sudah baik, subjek penelitian sudah dapat memahami dan mempraktekkan teknik membatik ecoprint dengan baik, serta kualitas hasil cetakan sudah sempurna. Kata Kunci: : Metode Drill, Keterampilan membatik ecoprint, Tunagrahita
Copyrights © 2024