Seorang Guru dapat menggunakan berbagai pendekatan yang kreatif untuk menanamkan solidaritas sosial pada peserta didiknya dengan menggunakan berbagai alternatif pendekatan dalam pembelajaran mereka, jadi keberhasilan dan tidaknya pembentukan karakter solidaritas sosial peserta didik sangat tergantung dari upaya kreativitas guru. Inilah yang kemudian menjadi ketertarikan sehingga penelitian kreativitas guru IPS dalam pembentukan karakter solidaritas sosial peserta didik di SMPIT Wihdatul Ummah menarik untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru dalam pembentukan karakter solidaritas sosial peserta didik di SMP Islam Terpadu Wihdatul Ummah. Jenis penelitian adalah kualitatif, Peneliti menggunakan instrumen utama dan data dikumpulkan secara purposive dan snowball, menggunakan teknik trianggulasi, dan menganalisis data secara induktif atau kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembuatan video kegiatan perbankan sebagai salah satu materi dalam mata pelajaran IPS yang dilakukan secara berkelompok dimana LCD sebagai media presentasi siswa ataupun sebagai media untuk menampilkan video pembelajaran. Selain itu, penggunaan kertas dan karton yang dibuat sekreatif mungkin oleh guru yang digunakan sebagai media perlombaan yang menyerupai cerdas cermat secara berkelompok pada saat LCD ataupun laptop yang tidak tersedia. Kata kunci: Kreativitas, pembentukan karakter, solidaritas sosial.
Copyrights © 2024