Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh data dan informasi tentang keefektifan media flasch card dalam penguasaan kosakata (Wortschatz) bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun akademik 2023/2024 Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar dengan jumlah keseluruhan kelas sebanyak 2 kelas dan jumlah mahasiswa sebanyak 28 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Dari hasil pemilihan secara acak terpilih kelas A terdiri atas 14 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B terdiri atas 14 mahasiswa sebagai kelas kontrol. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,374> ttabel 2,056) dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis bahwa tolak H0 jika thitung lebih besar dari ttabel dan terima H1 jika thitung lebih kecil dari ttabel.. H0 dalam penelitian ini yang berbunyi Media pembelajaran flasch card tidak efektif dalam penguasaan kosakata (Wortschatz) bahasa Jerman mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing FBS-UNM ditolak, karena thitung 4,374 > ttabel 2,056. K Konsekuensi dari penolakan H0 dalam penelitian, maka H1 ini yang menyatakan media pembelajaran flasch card efektif dalam penguasaan kosakata (Wortschatz) bahasa Jerman mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Pendidikan Bahasa Asing FBS-UNM diterima. Kata Kunci: Flasch card, Wortschatz, Bahasa Jerman
Copyrights © 2024