Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan layanan BPJS terhadap pasien di pusat kesehatan masyarakat Madello Kecamatan Balusu, dan responsivitas Pusat Kesehatan Masyarakat Madello Kecamatan Balusu dalam melayani pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan berdasrkan jenis dan sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan sekunder. Adapun data primer diperoleh peneliti adalah wawancara dengan kepala puskesmas, pegawai puskesmas, dan pasien, sedangkan data sekunder diperoleh dari arsip, serta dokumen yang diperoleh peneliti.adapun teknik pengumpulan data pada penelitin ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan layanan BPJS terhadap pasien di pusat kesehatan masyarakat Madello Kecamatan Balusu meliputi, Professionalism and skill (Profesionalisme dan keahlian), Attiudes And Behavior (Sikap dan perilaku), Accessibility and Flexibility (Kemudahan pencapaian dan penyesuaian pelayanan. Responsivitas Pusat Kesehatan Masyarakat Madello Kecamatan Balusu dalam melayani pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) meliputi kemampuan merespon pelanggan, kemampuan menanggapi keluhan, dan Ketepatan melayani. Kata Kunci: Responsiveness, Public Health, BPJS
Copyrights © 2024