Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Makassar. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match sebagai variabel bebas (X) dan motivasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 2 yang berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji instrumen dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 29 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Makassar. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Make a Match, Motivasi Belajar
Copyrights © 2024