Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 9

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar

Hasyim, Sitti Hajerah (Unknown)
Nuraisyiah, Nuraisyiah (Unknown)
Azis, Fajriani (Unknown)
Fadli, Syahir (Unknown)
Akib, Ambarwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Makassar. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match sebagai variabel bebas (X) dan motivasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 2 yang berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji instrumen dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 29 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Makassar. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Make a Match, Motivasi Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...