Seminar Nasional Hasil Penelitian LP2M UNM
SEMINAR NASIONAL 2024 : PROSIDING EDISI 2

Kerangka Hipotetik Bimbingan Karier di SMK Berorientasi Karier Abad Ke-21 untuk Pengembangan Employabilty Skill Siswa

Amirullah, M. (Unknown)
Aswar, Aswar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan paradigma karier Abad ke-21 yang memberi perhatian terhadap pengembangan employability skill. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan kerangka hipotetik bimbingan karier di Sekolah Menengah Kejuruan yang berorientasi pada paradigma karier abad ke-21 dalam rangka mengembangkan employability skills Siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development model Borg and Gall yang diadaptasi dan menjadi delapan tahapan yakni:  1) kajian konseptual employability skills, 2) kajian faktual employability skills, 3) tahap penyusunan struktur hipotetik, 4) Validasi konstruk oleh ahli, 5) revisi draft kerangka hipotetik, 6) validasi empirik, 7) revisi draft hipotetik, 8) kerangka final hipotetik. Penelitian yang melibatkan 350 partisipan ini terdiri dari dosen ahli bimbingan dan konseling, praktisi bimbingan dan konseling, serta siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Dari pengembangan kerangka hipotetik bimbingan karier, beberapa komponen utama yang dihasilkan meliputi: 1) rasional; 2) deskripsi kebutuhan; 3) tujuan; 4) sasaran; 5) kompetensi guru bimbingan dan konseling; 6) peran guru bimbingan dan konseling; 7) struktur dan tahapan kerangka hipotetik; serta 8) evaluasi dan indikator keberhasilan.Kata kunci: Employability skill, Sekolah Menengah Kejuruan, Hipotetik Bimbingan Karier

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslemlit

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Dentistry Economics, Econometrics & Finance Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Mathematics Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences Other

Description

Perguruan tinggi seharusnya terpanggil untuk menjawab tantangan-tantangan di atas melalui pelaksanaan darma ketiga pengabdian pada masyarakat, dan panggilan tersebut sejauh ini sudah banyak dilakukan namun program-program yang betul-betul pokus pada sasaran masih perlu diperbaiki, terutama ...