Journal on Education and Teacher Professionalism
Vol. 2 No. 1 (2024): November

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI dan HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Rani Br Tumeang (Unknown)
Regina Joceline Marpaung (Unknown)
Okta Siregar (Unknown)
Taruli Marito Silalahi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki motivasi dan hasil belajar matematika di sekolah dasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Fokus utama dari peningkatan hasil belajar ini adalah pada aspek kognitif. Latar belakang penelitian ini berakar dari rendahnya motivasi serta hasil belajar matematika siswa, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang dianggap kurang efektif. Model Think-Pair-Share (TPS) memungkinkan siswa untuk berbagi dan membahas ide mereka secara kolaboratif, sehingga membantu memperdalam pemahaman mereka. Model ini sangat sesuai untuk siswa SD karena usia mereka yang masih muda membuat mereka lebih antusias terhadap pendekatan baru dan lebih nyaman berkolaborasi dengan teman sebaya dalam menyelesaikan masalah. Metode penelitian yang diterapkan adalah kajian literatur dengan menganalisis berbagai sumber, termasuk buku, artikel, dan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model TPS dapat meningkatkan hasil belajar matematika di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism adalah jurnal akademik yang berkomitmen untuk menjadi platform utama bagi peneliti, pendidik, praktisi pendidikan, dan profesional di bidang pendidikan dan profesionalisme guru dalam berbagi wawasan, temuan, dan gagasan yang memperkaya ...