SLBN Saronggi merupakan lembaga khusus bagi anak penyandang disabilitas. Lembaga ini menerapkan program menghafal bagi anak penyandang tunagrahita dan penyandang tunanetra saja. Proses menghafal bagi anak penyandang disabilitas membutuhkan strategi yang tepat untuk mengimplementasikannya pada murid. Oleh karena itu, peneliti mengangkat tema strategi hafalan Al-Qur’an untuk meningkatkan daya ingat siswa penyandang disabilitas di SLBN Saronggi.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi hafalan Al-Qur’an untuk meningkatkan daya ingat siswa penyandang disabilitas, mengetahui media yang digunakan dalam menghafal serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam strategi hafalan untuk anak penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian yang diperoleh ialah dengan adanya strategi guru SLBN Saronggi dapat meningkatkan kuantitas hafalan Al-Qur’an dengan metode- metode yang digunakan guru dalam menghafal. Dan strategi guru SLBN juga mampu meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa penyandang disabilitas di SLBN Saronggi.
Copyrights © 2024