Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 14 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

POTENSI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM: Analisis Filsafat Pendidikan

jafar, ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menganalisis potensi akhlak dalam pendidikan Islam melalui pendekatan filsafat pendidikan. Akhlak dianggap sebagai inti dari seluruh proses pendidikan Islam, dengan tujuan membentuk individu yang unggul secara moral dan spiritual. Filsafat pendidikan Islam menekankan bahwa tujuan akhir pendidikan adalah mencapai insan kamil, yaitu individu yang sempurna dalam aspek jasmani, rohani, dan akhlaknya. Penelitian ini mengeksplorasi konsep-konsep seperti fitrah (disposisi alami), tujuan hidup manusia, dan hubungan antara guru dan murid, serta bagaimana konsep-konsep ini dapat membentuk kerangka kerja yang efektif untuk pengembangan akhlak mulia. Selain itu, penelitian ini menyoroti tantangan dan peluang dalam mengimplementasikan nilai-nilai akhlak dalam sistem pendidikan modern. Hasil analisis menunjukkan bahwa memahami dan mengaplikasikan potensi akhlak dalam pendidikan Islam dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas dan kompeten, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...