Journal of Education Action Research
Vol 8 No 3 (2024): August 2024

Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Tanggung Jawab Belajar Pada Anak Usia Dini Dengan Menerapkan Metode Belajar Bermain Berbantuan Media Weather wheel

Sintia, Made Diana (Unknown)
I Wayan Widiana (Unknown)
I Gede Astawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Masih rendahnya sikap tanggung jawab yang dimiliki oleh beberapa anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media weather wheel terhadap kemampuan kognitif dan tanggung jawab belajar anak usia dini. Penelitian ini termasuk eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu eksperimen semu (quasy experiment). Populasi penelitian yaitu seluruh anak TK B berjumlah 140 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas berjumlah 30 anak. Metode pengumpulan data menggunkan tes. Instrumen pengumpulan data dengan lembar tes. Teknik analisis yang digunakan adalah MANOVA. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, terdapat pengaruh siginifikan pada kemampuan kognitif antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibelajarkan media weather wheel. Kedua, terdapat pengaruh siginifikan pada tanggung jawab belajar antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibejarkan media weather wheel. Ketiga, terdapat pengaruh siginifikan pada kemampuan kognitif dan tanggung jawab belajar secara simultan antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibejarkan media weather wheel. Disimpulkan bahwa metode belajar bermain berbantuan media weather wheel dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan tanggung jawab anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...