Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): Desember 2024 - Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan

Pengaruh Media Pembelajaran Platform Dicoding terhadap Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik Kelas X di SMKN 11 Malang: Studi Kasus

Pratama, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran pada peserta didik kelas X di SMKN 11 Malang pada tahun 2024 mencoba penggunaan platform media pembelajaran Dicoding. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan Platform Dicoding sebagai media pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran peserta didik kelas X di SMKN 11 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif eksperimen semu (quasi-experimental design). Desain penelitian non-equivalent control group design digunakan dengan kelompok eksperimen (kelas yang menggunakan Platform Dicoding) dan kelompok kontrol (kelas dengan metode pembelajaran konvensional). Sampel terdiri dari dua kelas paralel X-A (30 peserta didik) sebagai kelompok eksperimen dan X-B (30 peserta didik) sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket untuk mengukur pencapaian akademik, motivasi belajar, serta persepsi peserta didik terhadap media pembelajaran. Hasil menunjukkan rata-rata nilai tes kelompok eksperimen (82,3) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (74,2). Sebanyak 78% peserta didik kelompok eksperimen memiliki motivasi belajar tinggi dan memberikan persepsi positif terhadap penggunaan Platform Dicoding. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Platform Dicoding sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran peserta didik kelas X di SMKN 11 Malang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan (E-ISSN: 2777-0680) is a scientific journal which publishes and disseminates the results of researches, deep studies, innovative thinking or work in information and communication technology (ICT) and educational technology. The focus of the journal is ...