Cakrawala: Jurnal Litbang Kebijakan
Vol 18, No 2: Desember 2024

Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Penyandang Disabilitas Intelektual di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Sukendar, Syaddad Thaariq (Unknown)
Setyonagoro, Permadi (Unknown)
Mediawaty, Noor Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Setiap warga negara, termasuk penyandang disabilitas intelektual, memiliki hak mendapatkan pendidikan dan berpartisipasi dalam masyarakat. Meskipun konstitusi Indonesia menjamin hak tersebut implementasi pendidikan inklusif di tingkat pendidikan tinggi masih menghadapi banyak tantangan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah memulai program untuk mendukung mahasiswa penyandang disabilitas intelektual, yang sering diabaikan dalam penelitian akademik. Penelitian ini mengevaluasi bagaimana pendidikan inklusif diterapkan di universitas tersebut, menilai kesesuaiannya dengan kerangka hukum yang ada, dan mengukur efektivitasnya dalam mendukung mahasiswa dengan disabilitas intelektual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, meskipun terdapat upaya signifikan untuk memberikan dukungan, masih terdapat kesenjangan dalam asesmen, perencanaan individual, dan ketersediaan sumber daya, yang menghambat terciptanya lingkungan pendidikan yang inklusif. Studi ini memiliki keunikkan yakni fokus pada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan menawarkan solusi praktis melalui penerapan Desain Universal untuk meningkatkan efektivitas pendidikan inklusif di perguruan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Scope: Redaksi menerima naskah berupa hasil penelitian, pengembangan dan tinjauan kepustakaan. Naskah yang dikirim harus asli dan belum pernah dipublikasikan pada jurnal maupun media lainnya. Materi tulisan meliputi bidang kajian kebijakan: Pemerintahan [Goverment] Ekonomi dan Keuangan [Economic and ...