Penelitian ini berlatar belakang pada pentingnya pentingnya kesiapan karir bagi siswa sekolah menengah kejuruan, yang dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus. Layanan bimbingan konseling karir di sekolah diharapkan mampu membantu siswa mengembangkan kematangan karir yang diperlukan untuk menghadapi persaingan di dunia kerja yang semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan konseling bidang karir dalam mempersiapkan kematangan karir siswa SMKN 5 Kepahiang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan melibatkan waka kurikulum, siswa, guru BK, wali kelas, dan guru mata pelajaran sebagai informan. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling karir di SMKN 5 Kepahiang telah memberikan dampak positif terhadap kesiapan karir siswa. Hal ini dapat dilihat dari beberapa poin berikut: (1) Dampak Positif: Layanan bimbingan konseling karir di SMKN 5 Kepahiang memberikan dampak positif terhadap kesiapan karir siswa, (2)Peningkatan Pemahaman: Siswa menunjukkan peningkatan dalam memahami minat dan bakat mereka, (3)Rencana Karir yang Lebih Jelas: Siswa memiliki rencana karir yang lebih jelas setelah mengikuti bimbingan konseling karir, (4)Hambatan yang Ditemukan; Kurangnya pemahaman tentang pilihan karir yang tersedia dan kurangnya dukungan dari keluarga terkait pilihan karir siswa, (5)Partisipasi Aktif dan Program Terstruktur: Partisipasi aktif siswa dan adanya program bimbingan yang terstruktur membantu siswa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan untuk memasuki dunia kerja. Kesimpulannya, layanan bimbingan konseling karir di SMKN 5 Kepahiang berperan penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi persaingan dunia kerja, meski masih diperlukan peningkatan dalam beberapa aspek.
Copyrights © 2024