ABSTRAK                                                              Penelitian ini dimkasudkan ntuk mengetahui tingkat pengetahuan , pemakaian dan sikap masyarakat marginal terhadap galeri internet di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informasi Makassar, serta upaya-upaya apa yang dilakukan Badan ini dalam mengatasi rintangan digital masyarakat marginal di Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mengji pengetahuan dan sikap para pemakai marginal di BBPPKI Makassar. Informan penelitian dan informan kuinci ditentukan dengan sengaja memilih yang mengetahui masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancvara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat Marginal terhadap media internet belum maksimum dan masih memerlkan bantuan dari petugas galeri BBPPKI. Dari aspek perubahan diperoleh data bahwa perubahan pengetahuan dan keteramnpilan terjadi sesudah pengunung mendatangi gallery dan memperoleh biombiongan secara bebas, sementara perilaku dari pihak BBPPKI untuk mengatasi rintangan digital ini dengan cara melakukan sosialisasi melalui media komunikasi elektronik, media massa, dan media interpersonal.ABSTRACTThis research aims to know the knowledge and attitudes marginal users gallery internet in Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar in Makassar city and effort BBPPKI Makassar.in overcoming the digital gap between city and marginalized communities in the city Makassar.Method used in the research is a method of qualitative description,to examine knowledge and attitudes marginal users BBPPKI Makassar. Research informants and Key informants deliberately obtained. Than through the observation,data collection is also done through in-depth in terviews with key informants,and informants, and  the study of the document.Results of research show that knowledge has not been marginalized people maximum and still need help from the employee of internet gallery.From knowledge of aspects of the changes occurred mainly after the visitors gallery gallery utilize the increased knowledge,because guidance for free while aspects of behavior BBPPKI to overcome the digital gap in the socialization is done through electronic media,mass media and interpersonal communication.Â
Copyrights © 2011