MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2024): Vol. 7 No. 2 September 2024

Proses Kognitif Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Gender

Rahayuningsih, Suesthi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran gender dalam proses kognitif dan pembelajaran matematika melalui pendekatan kajian pustaka. Berbagai literatur yang membahas hubungan antara gender, kognisi, dan pembelajaran matematika dianalisis untuk memahami bagaimana perbedaan gender memengaruhi cara siswa dalam memproses informasi matematis serta memilih dan menerapkan strategi pemecahan masalah. Hasil kajian menunjukkan bahwa gender dapat memengaruhi pendekatan kognitif siswa, di mana siswa laki-laki cenderung lebih berani mengambil risiko dan menggunakan strategi eksploratif, sementara siswa perempuan lebih berhati-hati dan terstruktur dalam menyelesaikan masalah matematika. Meskipun demikian, pengaruh gender ini tidak bersifat deterministik dan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti stereotip sosial, pengalaman pendidikan, dan budaya pembelajaran. Penelitian ini juga mengidentifikasi pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif dan responsif terhadap perbedaan kognitif berbasis gender, seperti memberikan dukungan emosional dan mengurangi stereotip gender dalam pembelajaran. Temuan ini memberikan wawasan yang berguna untuk mengembangkan strategi pengajaran yang lebih inklusif, yang dapat memaksimalkan potensi semua siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran matematika yang adil dan efektif, tanpa memandang gender

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

majamath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memuat kajian-kajian ilmiah tentang matematika dan pendidikan matematika antara lain pembelajaran matematika, matematika terapan , teknologi pembelajaran dan matematika murni, dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian ...