DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
Vol 6, No 2 (2024)

Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Percepatan Sentripetal dan Gaya Sentripetal Menggunakan Dua Metode Pembelajaran Berbeda

Junitasari, Junitasari (Unknown)
Oktarisa, Yuvita (Unknown)
Septiyanto, Rahmat Firman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kunci dalam keberhasilan siswa belajar fisika. Dengan pemahaman konsep yang baik maka siswa dapat memecahkan permasalahan dalam soal dengan baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam memahami percepatan sentripetal dan gaya sentripetal menggunakan dua metode berebeda dan faktor penyebab kesulitannya. Dalam hal ini peneliti menggunakan platform video YouTube sebagai media dalam mengetahu kesulitan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan kepada 30 siswa kelas 11 MIPA 2 SMAN 1 Panggarangan dengan memberikan tes tertulis berupa pilihan ganda beralasan dan wawancara terhadap 10 orang siswa yang dipilih berdasarkan kategori nilai. Sebelum dilakukan wawancara, siswa diminta untuk menonton video YouTube mengenai percepatan sentripetal dan gaya sentripetal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua video tersebut belum mampu membuat siswa menjadi paham konsep dari perceatan sentripetal dan gaya sentripetal, masih banyak konsep yang belum mereka pahami seperti besaran kecepatan linear dan keceatan sudut, arah dari percepatan sentripetal dan gaya sentripetal, penurunan rumus percepatan sentripetal dan gaya sentripetal, alasan mengapa percepatan sentripetal dan gaya sentripetal mengarah ke pusat dan mengapa arah kecepatan linear menyinggung lintasan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep gaya sentripetal dan percepatan sentripetal masih rendah. Faktor internal yang mempengaruhi terjadinya kesulitan adalah belum memahami konsep, minat belajar fisika dan kondisi fisik. adapun faktor eksternal penyebab kesulitan belajar berdasarkan hasil penelitian adalah pembelajaran daring, manajemen waktu kurang baik dan lingkungan belajar.Kata kunci: Gaya sentripetal, percepatan sentripetal, kesulitan belajar, pemahaman konsep.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Diffraction

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Social Sciences

Description

Jurnal DIFFRACTION mempublikasikan temuan baru yang signifikan terkait dengan fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi: pembelajaran fisika, penilaian pendidikan fisika, kebijakan pendidikan fisika, pengembangan media pembelajaran fisika, bahan ajar fisika, serta fisika ...