Capaian pembelajaran dalam pendidikan abad 21 berfokus pada keaktifan peserta didik melalui keterampilan abad 21 seperti keterampilan proses sains dan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian dan mengetahui kelayakan instrumen untuk mengukur keterampilan proses sains dan kolaborasi peserta didik SMA materi pemanasan global. Penelitian menggunakan model pengembangan instrumen oleh Istiyono, namun hanya tahap perancangan instrumen dan uji coba instrumen. Subjek yang digunakan merupakan peserta didik dari beberapa sekolah sejumlah 252 peserta didik, ditentukan dengan teknik random sampling. Instrumen terdiri dari 22 butir pilihan majemuk keterampilan proses sains dan angket penilaian keterampilan kolaborasi, serta lembar validasi. Analisis data dilakukan dengan rumus indeks Aiken dan program Quest. Hasil instrumen penilaian yang dikembangkan terbukti memiliki kualitas butir penilaian yang layak dan reliabel dengan berdasarkan hasil validitas isi dengan kategori layak dan validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran butir secara empiris dalam kategori valid dan reliabel. Terdapat 21 butir soal dan 10 butir angket yang telah fit dengan model Rasch. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan telah valid dan reliabel untuk digunakan mengukur keterampilan proses sains dan kolaborasi peserta didik kelas X materi pemanasan global.
Copyrights © 2024