Jurnal Kualitas Pendidikan
Vol 3 No 1 (2025)

Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) dalam Mengembangkan Keterampilan Kritis Siswa di SMA Negeri 3 Kota Tebing Tinggi

Sarifuddin, Sarifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL) dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 3 Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan keterampilan kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Temuan ini mengindikasikan bahwa PBL merupakan model pembelajaran yang efektif untuk mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi, terutama di tingkat sekolah menengah atas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Kualitas pendidikan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...