Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh prokrastinasi akademik dan self regulated learning terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa berusia 20-25 tahun. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian yaitu sebanyak 205 partisipan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik accidental sampling melalui google form. Alat ukur prokrastinasi akademik ( menggunakan Academic Procrastination Scale oleh McCloskey, (2011), alat ukur Self Regulated Learning oleh Erdogan & Senemoglu (2016), Alat ukur Kecemasan Akademik menggunakan Academic Anxiety Scale oleh Cassady (2020). Proses Analisa data menggunakan software Jamovi versi 2.3 dan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1. prokrastinasi akademik berpengaruh terhadap kecemasan akademik. 2. Self Regulated Learning berpengaruh terhadap kecemasan akademik. 3. Prokrastinasi akademik dan self regulated learning berpengaruh secara simultan terhadap kecemasan akademik sebesar 23% dengan nilai F 31.7 dan p value < 0,001. Oleh karena itu mahasiswa yang dapat mengoptimalkan strategi self regulated learning dapat membantu mengurangi prokrastinasi serta kecemasannya dalam hal akademik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024