JURNAL DIVERSITA
Vol. 10 No. 2 (2024): JURNAL DIVERSITA DESEMBER

Pengaruh Self-Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik terhadap Kecemasan Akademik pada Mahasiswa

Khairun Imani, Praditya (Unknown)
Rozi, Fahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh prokrastinasi akademik dan self regulated learning terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa berusia 20-25 tahun. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian yaitu sebanyak 205 partisipan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik accidental sampling melalui google form. Alat ukur prokrastinasi akademik ( menggunakan Academic Procrastination Scale oleh McCloskey, (2011), alat ukur Self Regulated Learning oleh Erdogan & Senemoglu (2016), Alat ukur Kecemasan Akademik menggunakan Academic Anxiety Scale oleh Cassady (2020). Proses Analisa data menggunakan software Jamovi versi 2.3 dan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1. prokrastinasi akademik berpengaruh terhadap kecemasan akademik. 2. Self Regulated Learning berpengaruh terhadap kecemasan akademik. 3. Prokrastinasi akademik dan self regulated learning berpengaruh secara simultan terhadap kecemasan akademik sebesar 23% dengan nilai F 31.7 dan p value < 0,001. Oleh karena itu mahasiswa yang dapat mengoptimalkan strategi self regulated learning dapat membantu mengurangi prokrastinasi serta kecemasannya dalam hal akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diversita

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Journal Diversita is an open access, interdisciplinary journal for the rapid publication of original articles and reviews that focus on basic research in all areas of Biomarkers. The journal is broad scoped and considers topics from all related subjects of perception, cognition, attention, emotion, ...