Penelitian mengenai sistem perparkiran dan sistem antrian telah banyak dilakukan sebelumnya. Namun penelitian yang membahas sistem perparkiran yang berpengaruh ke sistem antrian dan perhitungan kebutuhan lahan parkir belum banyak dilakukan. Panjangnya antrian mobil di depan Gerbang 2 Universitas “X” banyak dikeluhkan mahasiswa dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas depan kampus. Oleh karena itu, akan diusulkan sistem perparkiran dan penentuan kebutuhan lahan parkir di universitas tersebut. Langkah pertama yang dilakukan adalah pengujian kesamaan rata-rata untuk laju kedatangan mobil dan lama waktu parkir antar rentang waktu dan antar hari dengan SPSS. Selanjutnya dilakukan penentuan distribusi laju kedatangan mobil dan lama waktu parkir, lama waktu pelayanan manless dan loket keluar dengan Stat Fit. Kemudian dibuat model simulasi sistem antrian saat ini dan usulan dengan program Promodel. Dengan melakukan perubahan lokasi pintu masuk, posisi manless dan loket operator keluar, terjadi penurunan lama waktu menunggu sebesar 95,88% di manless Gedung A, 42,31% di manless Gedung B, 79,40% di drop-off point dan panjang antrian maksimum di depan gerbang masuk menurun sebesar 91,40%. Kebutuhan maksimum lahan parkir Gedung B adalah 394 mobil. Dengan diijinkannya parkir paralel, lahan parkir dapat menampung 392 mobil. Oleh karena kekurangan lahan hanya sebesar 2 mobil, maka lahan parkir Gedung B yang ada saat ini masih mencukupi kebutuhan.Kata Kunci:  Antrian, Lahan Parkir, Manless, Sistem Perparkiran, Simulasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024