Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa
Vol. 9 No. 02 (2024): JESPB Edisi Oktober 2024

Pengaruh Religiusitas, Literasi Halal, dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal Pada Masyarakat di Jawa Tengah

Aula, Ivadhatul (Unknown)
Anwar, Aan Zainul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim di Jawa Tengah dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 100, dengan teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan rumus Rao Purba. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui pengisian kuesioner. Regresi dengan menggunakan data panel digunakan untuk menganalisis data dan pengaruh dari religiusitas, literasi halal dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian makanan halal di Jawa Tengah. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan siginifikan positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian, hasil secara parsial menunjukkan bahwa Religiusitas signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Jawa Tengah, Literasi Halal signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Jawa Tengah, dan Perilaku Konsumen signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh religiusitas, literasi halal dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk makanan halal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jespb

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa is a peer review of national journals published by Sharia Economics Study Program, Faculty of Islamic Religion, University of Pelita Bangsa, Bekasi. Editors appreciately welcome all public especially academics, researchers, and educators to donate their ...