Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana transformasi perilaku konsumen berbelanja di pasar modern dan pasar online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang sebanyak 30 orang. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dam penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Transformasi perilaku konsumen muslim berbelanja di pasar online dan pasar modern. 1)Konsumen muslim berbelanja di pasar modern dan pasar online pada tahap pengenalan masalah tidak mengalami perubahan yang signifikan. 2)Transformasi perilaku konsumen muslim saat mencari informasi diperoleh secara lebih detail melalui internet seperti; media sosial, web browser, konten digital, youtube, maupun platform belanja online. 3)Transformasi perilaku konsumen muslim saat melakukan evaluasi alternatif terdapat pada kesadaran atas aturanaturan syari’ah dengan mempertimbangkan kehalalan produk, rasional dengan mempertimbangkan mashlahah dan nilai guna, dan tidak bolehnya perilaku idzraf dan tabzir. 4)Transformasi perilaku konsumen muslim saat melakukan keputusan pembelian terdapat pada saat melakukan pembayaran pada pasar modern dengan menggunkan dompet digital. 5)Transformasi perilaku konsumen muslim pada tahap pasca pembelian terdapat pada kemudahan konsumen melakukan review.
Copyrights © 2024