Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 6 (2024)

Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasional pada Guru Madrasah: Scratch

Marom, Saiful (Unknown)
Himmah, Wulan Izzatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan terkait pemahaman guru madrasah pada kemampuan berpikir komputasional sebelum maupun setelah kegiatan implementasi pelatihan scrath serta bagaimana efektivitas penggunaan teknologi scratch dalam proses pembelajaran di kelas oleh guru madrasah. Metode dalam penelitian yang akan telah digunakan adalah penelitian eksperimenĀ  dengan desain one grupĀ  pretest and posttest. Populasi pada kegiatan penelitian ini adalah guru madrasah di wilayah binaan kementerian agama di Kabupaten Semarang dan Kudus. Teknik sampling yang akan digunakan adalah teknik sampling incidental dimana yang akan terpilih menjadi sampel adalah guru yang akan ditugaskan oleh sekolah dalam mengikuti kegiatan pelatihan pembelajaran dengan menggunakan scratch. Selanjutnya akan digunakan uji peringkat bertanda alam mengetahui peningkatan kemampuan berpikir komputasional dengan menggunakan scratch. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemahaman guru sebelum mengikuti kegiatan implementasi scratch pada proses pembelajaranĀ  sebesar 13,33. Setelah diadakan kegiatan pelatihan implementasi scratch dalam pembelajaran pemahaman kemampuan berpikir komputasional guru menjadi 88,33. Nilai rata-rata tes kemampuan berpikir komputasional guru sebelum kegiatan pelatihan adalah 23, 89 dan selanjutnya setelah mengikuti kegiatan pelatihan maka nilai rata-rata menjadi 73,06. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dilihat ada peningkatakan kemampuan beripikir komputasional akibat diadakan kegiatan pelatihan scratch dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...