Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 6 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Kelas XI pada Materi Teks Deskripsi dengan Pemanfaatan Media Youtube

Mekutika, Andi Frenis (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran PBL/ Problem Based Learning dengan pemanfaatan media youtube untuk meningkat keterampilan menyimak peserta didik pada materi teks deskripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan siswa kelas XI L SMA Negeri 2 Palu. PTK dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data-data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara siswa dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif.  Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, pada siklus I keterampilan menyimak peserta didik sudah mulai mengalami peningkatan hal ini terbukti 20 peserta didik sudah mengalami peningkatan nilai dari 30 peserta didik di dalam kelas, jika dipersentasikan maka yang tuntasnya mencapai 70%. Kemudian pada siklus II terus mengalami peningkatan yaitu sebanyak 26 peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas jika dipresentasikan yang tuntas mencapai 87%. Dalam kesimpulannya, penerapan model pembelajaran PBL/Problem Based Learning dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik kelas XI pada materi teks deskripsi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...