Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode keseluruhan dan metode bagian terhadap keterampilan passing atas bolavoli, Rancangan penelitian yang digunakan adalah two group pre-test and post-test design. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 60 orang mahasiswa. Sampel berjumlah 30 orang mahasiswa, diperoleh secara random sampling kemudian dibagi menjadi dua kelompok yang sama, kelompok A menggunakan metode keseluruhan dan kelompok B menggunakan metode bagian. Berdasarkan pada penghitungan dan analisi nilai t-hitung yang diperoleh, maka didapat nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel pada tingkat kepercayaan atau taraf nyata α = 0.05 dengan dk (n1 + n2 – 2) = 28, dimana harga t (1 – ½ α), . Dikarenakan hasil t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel yaitu dengan masing-masing sebesar (8.34) dan (5.27). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1.Belajar dengan metode keseluruhan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil keterampilan passing atas dalam permainan bola voli pada mahasiswa penjas. 2. Belajar dengan metode bagian dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil keterampilan passing atas dalam permainan bola voli pada mahasiswa penjas. 3. Belajar dengan metode keseluruhan memiliki pengaruh lebih signifikan dibandingkan dengan metode bagian terhadap hasil keterampilan passing atas dalam permainan bola voli pada mahasiswa penjas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024