Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran media kaetu kata terhadap pembelajaran pidato. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode PTK. Dengan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan, dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negri 1 Jalupangmulya. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari hasil pre test dan post test serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa media kartu kata merupakan salah satu media yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan media kartu kata maka keterampilan membaca nyaring dan siswa kelas VI SD Negeri 1 Jalupangmulya dapat meningkat hal tersebut dapat dilihat dari ketercapaian nilai KKM siswa dan prosentase yang mengalami peningkatan dari siklus I 59,09% , siklus II 77,27% dan siklus III 86,36% , jadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata adalah sebesar 20%
Copyrights © 2025