Pendampingan pra penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) pada madrasah bertujuan untuk memastikan kelengkapan dokumen serta pemahaman kepala madrasah mengenai komponen-komponen penting dalam penyusunan rencana kerja yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan. Pendampingan ini difokuskan pada pemastian adanya dokumen-dokumen seperti Raport Mutu, Raport Pendidikan, RKT, analisis SWOT, dan program prioritas. Berdasarkan hasil pengumpulan data dari 21 madrasah yang didampingi, ditemukan bahwa 100% madrasah telah memiliki Raport Mutu, sementara 16 dari 21 madrasah memiliki Raport Pendidikan dan RKT. Adapun analisis SWOT dan program prioritas belum dilaksanakan secara merata oleh seluruh madrasah, dengan hanya 13 madrasah yang melakukan analisis SWOT dan 16 madrasah yang memiliki program prioritas. Kesimpulan dari hasil pendampingan menunjukkan bahwa sebagian besar madrasah telah memiliki dokumen penting, namun beberapa area seperti analisis SWOT dan implementasi program prioritas masih perlu mendapatkan perhatian lebih. Rekomendasi yang diberikan mencakup peningkatan pemahaman dan penggunaan analisis SWOT, implementasi program prioritas, serta pemantapan penggunaan Raport Pendidikan dan RKT. Diperlukan pula pendampingan dan monitoring lebih intensif untuk madrasah yang belum memenuhi dokumen-dokumen perencanaan, guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025