Penelitian ini bertujuan untuk memetakan komitmen perubahan kepala madrasah dan strategi pendampingan yang dilakukan oleh pengawas madrasah di jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Pandeglang pada tahun 2024. Melalui analisis data, penelitian ini menggali tiga aspek utama: kesadaran kepala madrasah terhadap perubahan, tingkat kapasitas memimpin perubahan, serta strategi pendampingan yang diterapkan oleh pengawas. Hasilnya menunjukkan bahwa 54,3% kepala madrasah memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya perubahan, sementara 45,7% masih berada pada tingkat kesadaran yang lebih rendah. Dalam hal kapasitas memimpin perubahan, sebagian besar kepala madrasah berada pada tingkat kemampuan sedang (47,8%), dengan 32,6% memiliki kemampuan tinggi. Berdasarkan pemetaan ini, pengawas merancang berbagai strategi pendampingan yang sesuai dengan profil kesadaran dan kapasitas kepala madrasah, antara lain penyemaian perubahan, perubahan segera, penguatan perubahan, perubahan berangsur, pemicu perubahan, dan perubahan berkelanjutan. Strategi pendampingan yang disusun bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan kepala madrasah dalam mengelola perubahan untuk memperbaiki mutu pendidikan di madrasah.
Copyrights © 2025