Permasalahan prestasi belajar siswa seringkali disebabkan oleh berbagai faktor seperti rendahnya motivasi, lingkungan keluarga yang kurang mendukung, serta masalah kesehatan fisik dan mental. Untuk mengatasi masalah ini, metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan (SPK) guna mengevaluasi prestasi siswa dengan mempertimbangkan banyak kriteria. Adapun tujuan penelitian ini yaitu Untuk merancang Sistem Pendukung Keputusan dan hasil Algoritma Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam penilaian untuk prestasi belajar siswa dengan mengolah data nilai siswa yang ada disekolah SDN 18 Kwandang. metode penelitian ini yaitu metode eksperimen. Adapun langkah-langkah penelitian ini di mulai dari pengumpulan data dengan survei langsung kelapangan dan mengolah dataset. Di dalam dataset berisi data akademik siswa yang terdiri dari yaitu sikap yang dinilai dari sikap spiritual dan sikap sosial. Tahapan penerapan metode AHP dalam penilaian prestasi belajar siswa dimulai dari identifikasi kriteria. Pada tahap ini yang pertama dilakukan adalah menentukan kriteria penilaian hasil prestasi belajar siswa, tahapan kedua membuat hierarki. Tahapan ke tiga Pembobotan Kriteria. Perhitungan Prioritas. Tahapan akhir yaitu menghitung nilai akhir untuk melihat masing-masing bobot hasil penelitian dapat membantu pihak sekolah untuk menyelesaikan kesulitan dalam menangani masalah pada penilaian prestasi belajar siswa dan penggunaan variabel untuk penilaian perlu diperhitungkan nilai-nilai prioritas yaitu menghitung nilai akhir dari kriteria nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa.
Copyrights © 2024