Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 5, No 4 (2024): Desember 2024

Pengaruh Multiple Goals Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas

Syifa, Asti Nurul (Untirta)
Sudiana, Ria (Unknown)
Fakhrudin, Fakhrudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh Multiple Goals terhadap Motivasi Belajar Matematika siswa SMAN 1 Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 96 siswa sekolah  menengah atas dari SMAN 1 Pandeglang XII-IPA, yang terdiri dari XII IPA I, XII IPA II dan XII IPA III. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dalam bentuk kuisioner dan wawancara tidak langsung. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif dan inferensial yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas serta pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif (rendah) dan signifikan multiple goals terhadap motivasi belajar matematika, berdasarkan  (3,993 > 0,202 ) dengan taraf signifikansi 5%. Pengaruh multiple goals terhadap motivasi belajar matematika yaitu sebesar 15,7%

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...