Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 5, No 4 (2024): Desember 2024

Pengembangan E-Lkpd Berbasis Stem Dengan Menggunakan Wizer.me Untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Wiratama, Nugraha (Unknown)
Anriani, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman siswa terhadap kemampuan berpikir kritis yang diakibatkan karena kurangnya guru dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran mengakibatkan munculnya rasa bosan, lelah, malas, dan mengantuk pada siswa dapat menyebabkan kualitas pengajaran menjadi buruk dan siswa menjadi kurang memiliki kemampuan berpikir kritis karena tidak tertarik dalam matematika. Maka dari itu, diperlukan pengembangan E-lkpd berbasis stem dengan menggunakan wizer.me untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa. Model yang digunakan dalam penelitian yaitu model pengembangan 4D yang mencakup tahap Define, Design, Development, Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Serang dengan subjek penelitian kelas VII berjumlah 35 siswa. Uji coba pertama adalah validasi produk oleh tiga dosen matematika untirta dan satu guru matematika hasil uji kevalidan E-lkpd yang telah dikembangkan berdasarkan ahli materi diperoleh nilai 86% dan ahli media diperoleh nilai 80%, sehingga keduanya didapat kriteria sangat valid. Sedangkan uji coba kedua yaitu uji kepraktisan hasil respon siswa mendapatkan persentase 88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut produk yang dikembangkan layak digunakan untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...