Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 1, No 1 (2014)

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BULUKUMBA KABUPATEN BULUKUMBA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA

Ilham Zulhidayat Bursan (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2014

Abstract

Menulis kreatif puisi merupakan salah satu keterampilan bidang apresiasi sastra yang harus dikuasai oleh siswa SMA.Observasi awal yang dilakukan peneliti pada tanggal 10 - 15 Mei 2013 pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba, ditemukan masalah pada rendahnya keterampilan menulis puisi. Data yang diperoleh dari guru bidang studi Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa 80 % siswa belum mampu menulis puisi dengan baik atau dibawah standar KKM 65 karena metode yang digunakan guru dalam mengajarkan keterampilan menulis puisi di SMA Neg. 3 Bulukumba khususnya masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilanmenulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba Kabupaten Bulukumba melalui penerapan strategi pembelajaran sugestopedia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 30 siswa.Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Menulis Puisi, dan Strategi Pembelajaran Sugestopedia.

Copyrights © 2014