Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 2, No 1 (2015)

MATH-BD (MATHEMATICS BRAILLE DIGITAL POCKET DICTIONARY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN INTELLEGENCE QUOTIENT BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNANETRA DI NUSANTARA

Rahmah Hayati (Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar)
Atika Amanah (Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar)
Samsidarniawati Samsidarniawati (Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2016

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hanya 130.000 ABK yang telah menikmati bangku sekolah. Padahal, sebenarnya hukum di Indonesia telah jelas mengatur mengenai pendidikan ABK yang dituangkan dalamĀ Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003. Namun tidak dapat dipungkiri dalam pelaksanaannya berbagai tantangan timbul, sehingga masih banyak ABK tidak berkesempatan untuk mengenyam pendidikan yang sejatinya menjadi hak mereka. Terutama dalam menyusun program pembelajaran untuk setiap bidang studi. Salah satunya proses pembelajaran matematika untuk ABK tunanetra haruslah dirancang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan dan karakteristik peserta didik, serta mengacu kepada kurikulum yang digunakan. Keterbatasan yang dimiki oleh anak tunanetra maka Mathematics Braille Digital Pocket Dictionary menjadi solusi cerdas dalam memudahkan proses pembelajaran matematika. Math-BD (Mathematics Braille Digital Pocket) merupakan kamus saku matematika yang terdiri dari berbagai kumpulan rumus matematika bertuliskan dengan huruf braille dengan penambahan aplikasi digital sehingga penderita tunanetra juga dapat mendengar setiap kosa kata ataupun simbol dan rumus yang mereka raba. Kata Kunci: Math-BD, Tunanetra, Media Pembelajaran

Copyrights © 2015