JURNAL ILMIAH PERSPEKTIF


Konteks Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Kurikulum (Studi Deskriptif di SMA Muhammadiyah Kota Makassar)

Saruni Saruni (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia Timur)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Penerapan manajemen pendidikan Islam berbasis kurikulum di Sekolah Mengengah Atas Muhammadiyah 4 Mariso; (2) Manajemen kurikulum dalam program pengajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 4 Mariso; (3) Model integrasi penerapan KTSP, KBK, dan Kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 4 Kecamatan Mariso Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, untuk menggambarkan fenomena-fenomena sosial yang terkait dengan penerapan manajemen pendidikan Islam. Analisis data yang digunakan untuk mengkaji data dan informasi yang diperoleh adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, penerapan manajemen pendidikan Islam berbasis kurikulum di SMA Muhammadiyah 4 Mariso tetap mengacu kepada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dengan prinsip-prinsip yang harus diperhatian antara lain: (a) tujuan yang hendak dicapai harus jelas, makin operasional tujuan, makin mudah terlihat dan makin tepat program-program yang dikembangkan untuk mencapai tujuan; (b) program pembelajaran harus sederhana dan fleksibel; (c) program yang disusun dan dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan; (d) program yang dikembangkan bersifat menyeluruh, jelas dan berkelanjutan; (e) harus ada koordinasi antar komponen pelaksana program di SMA Muhammadiyah 4 Mariso, Kota Makassar.iKata kunci : Manajemen Pendidikan Islam, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.This study aims to: (1) Application of Islamic education curriculum-based management in the School of SMA Muhammadiyah 4 Mariso puff; (2) Management of the curriculum in Islamic religious education teaching program in SMA Muhammadiyah 4 Mariso; (3) application integration model SBC, CBC, and Curriculum 2013 in SMA Muhammadiyah 4 Districts Mariso Makassar. The research method used was descriptive, to describe the social phenomena associated with the implementation of Islamic education management. Analysis of the data used to assess the data and information obtained is qualitative. Our research found that management implementation of Islamic education based curriculum at SMA Muhammadiyah 4 Mariso still refer to the Competency Based Curriculum (CBC) and the Education Unit Level Curriculum (SBC), the principles that should be concerned, among others: (a) objectives to be achieved should be clear, the operational goals, the more easily visible and more appropriate programs are developed to achieve the goal; (B) learning programs should be simple and flexible; (C) a program conceived and developed in accordance with the objectives set; (D) the developed program is comprehensive, clear and sustainable; (E) there must be coordination between the components of the program managers at SMA Muhammadiyah 4 Mariso, Makassar.Keywords: Islamic Education, Management, Curriculum-Based Competency.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif merupakan jurnal ilmiah yang memuat artikel penelitian dalam pengembangan sumber daya manusia serta bersifat multidisplin ilmu yang terbit dua kali ...