PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Pedagogical Mathematics

ANALISIS KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DENGAN IMPLEMENTASI GEOGEBRA

Alimuddin (Unknown)
Sari , Nur Indah (Unknown)
Nur, Rezki Amaliah (Unknown)
Sari, Mustika (Unknown)
Shalsyabila , Zabina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pembelajaran matematika pada materi persamaan kuadrat dengan implementasi GeoGebra pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, serta pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep persamaan kuadrat, mengidentifikasi metode pemfaktoran, dan menyelesaikan soal cerita dengan baik. Siswa juga dapat menerjemahkan masalah sehari-hari ke dalam model matematika dan menggunakan GeoGebra untuk memverifikasi jawaban. Meskipun demikian, siswa masih membutuhkan pendalaman dalam menjelaskan konsep secara sistematis dan cenderung lebih menyukai metode konvensional. Implementasi GeoGebra dalam pembelajaran ini menunjukkan potensi sebagai alat bantu yang menarik, namun belum sepenuhnya menggantikan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan GeoGebra dapat melengkapi pembelajaran matematika, tetapi perlu diintegrasikan dengan metode pembelajaran lain untuk mencapai hasil yang optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical ...