PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Pedagogical Mathematics

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TINAMBUNG

Muh Ihsan (Unknown)
Herna (Unknown)
Aprisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game edukasi Wordwall terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tinambung. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design dengan sampel yang dipilih secara purposive sampling, di mana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket keaktifan siswa, dan tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media game edukasi Wordwall meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam kategori sangat aktif dan hasil belajar matematika ke dalam kategori sangat tinggi. Analisis inferensial melalui independent sample t-test t_hitung(16,417) > t_tabel(1,681) yang menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa yang diajar menggunakan media game edukasi Wordwall lebih tinggi dibandingkan dengan keaktifan belajar siswa yang diajar menggunakan buku paket dan LKS. Selanjutnya, t_hitung(17,288) > t_tabel(1,681) yang menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan media game edukasi Wordwall lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan buku paket dan LKS. Dengan demikian, penggunaan media game edukasi Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tinambung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical ...