Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4D MA Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, pada materi pokok tata nama senyawa kimia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4D MA Muhammadiyah Yogyakarta. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan make a match dan problem dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari jumlah 52,94% yang lulus pada siklus I meningkat menjadi 76% pada siklus II. Dengan target keberhasilan sebesar 75% dari jumlah anak, maka penelitian ini telah berhasil. Peningkatan ini dikarenakan dalam penggunaan make a match dan problem posing membantu siswa mengungkapkan persmasalaha yang ada dalam kartu, sekaligus siswa mencari jawaban dari setiap masalah dalam kartu tersebut
Copyrights © 2024