Madrasah Mu'allimin merupakan sekolah kader 6 tahun yang membutuhkan komitmen dari jenjang MTs hingga MA. Penelitian ini dilakukan bertujuan mencari model untuk menekan angka siswa yang tidak melanjutkan MA dengan melakukan optimalisasi sosiometri melalui bimbingan kelompok untuk meninkatkan motivasi melanjutkan studi. Motivasi siswa menjadi penting untuk dilakukan sebab akan menjadi penentu sikap untuk melanjutkan studi atau tidak. Hal ini dikarenakan motivasi merupakan kekuatan dalam diri individu, yang menyebabkan individu tersebut bertindak dan berbuat (Uno, 2017). Bimbingan kelompok menjadi salah satu layanan bimbingan yang memungkinkan peserta didik secara bersama-sama mendapatkan pertimbangan dalam pengambilan keputusan (Sukardi, 2008). Sosiometri digunakan sebagai teknik pengumpulan data mengenai hubungan dan tingkah laku sosial siswa (Harum et al., 2015). Penggunaan sosiometri dalam studi ini menghasilkan siswa yang terisolir dan yang terpopuler (Devianti & Sari, 2020). Dimana yang terpopuler biasanya akan memiliki pengaruh di kalangan siswa. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memberikan tindakan berupa penggunaan instrumen sosiometri sebagai basis bimbingan kelompok pada siswa kelas 3G MTs. Peneliti memberikan penguatan motivasi dengan kolaborasi bersama siswa populer sebagai role model untuk memberikan penguatan kepada siswa lain. Tindakan ini telah menghasilkan peningkatan motivasi siswa sebanyak 6% yang akan melanjutkan studi ke jenjang MA. Peningkatan ini menandakan keberhasilan penggunaan sosiometri sebagai dasar bimbingan kelompok untuk penguatan komitmen motivasi keberlanjutan studi siswa. Kata kunci: sosiometri, bimbingan kelompok, motivasi, keberlanjutan studi, bimbingan konseling
Copyrights © 2024