Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Vol 3, No 2 (2024): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies

Project Based Learning: Meningkatkan Minat Peserta Didik dalam Mendesain Short Functional Text (Announcement dan Notice)

Ferawati, Ferawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Abstract. Rendahnya keaktifan dan aktivitas peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, maka diperlukan model pembelajaran yang bersifat student centered. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas, keaktifan serta minat peserta didik yaitu model PjBL. Melalui PjBL peserta didik diposisikan sebagai pusat belajar yang aktif sehingga pengalaman belajar lebih mendalam dan mantap, yang berdampak pada meningkatnya minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Project Based Learning yang valid, efektif, layak dan praktis untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran Bahasa Inggris peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan langkah-langkah penelitian menggunakan ADDIE. Model yang dikembangkan adalah model Pembelajaran Project Based Learning Bahasa Inggris yang berbasis Student Center. Studi pendahuluan  dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan metode pembelajaran PjBL dapat melatih dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi baik itu dalam proses pembuatan proyek maupun dalam melaporkan hasil yang didapat. Tahap pengembangan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Bahasa Inggris meliputi desain model dari pengembangan perangkat  pembelajaran PjBL. Model yang dikembangkan diberi nama Model pembelajaran Project Based Learning Bahasa Inggris Mendesain Short Functionsl Text (Announcement dan Notice). Hasil yang diperoleh yaitu minat belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris mendesain Announcement dan Notice mengalami peningkatan. Pada siklus I, minat belajar peserta didik berada pada presentase 60%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 65 %. Pada siklus III meningkat menjadi 80%, hal ini melebihi capaian target yaitu 75%. Minat belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris mendesain Short Functional Text (Announcement dan Notice) dengan capaian 80% berada  pada kategori A atau sangat baik. Keywords: English Learning; Project-Based Learning; Short Functional Text (Announcement dan Notice)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijpss

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of pedagogical and Social Sciences. The journal covered by all topics in: Humanities Social studies Management Education, Teaching Learning And others (within the scope ...