Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Vol 4, No 1 (2024): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies

Model Dicvovery Learning berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika

Safitri, Ayu (Unknown)
Haris, Abdul (Unknown)
Arfiah, Arfiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan Model Discovery Learning berbantuan PhET Simulation dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 3 Barru tahun ajaran 2023/2024, dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan peserta didik setiap siklus meningkat mulai dari  53% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Hasil ini juga menunjukkan bahwa persentase ketuntasan keseluruhan peserta didik sudah melewati 75% yang dijadikan sebagai indikator minimal ketuntasan pembelajaran. Jadi, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan mengunakan model Discovery Learning berbantuan PhET Simulation dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 1. Keywords: Discovery Learning, PhET Simulation, Hasil Belajar Fisika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijpss

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of pedagogical and Social Sciences. The journal covered by all topics in: Humanities Social studies Management Education, Teaching Learning And others (within the scope ...