Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan Model Discovery Learning berbantuan PhET Simulation dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 3 Barru tahun ajaran 2023/2024, dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan peserta didik setiap siklus meningkat mulai dari  53% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Hasil ini juga menunjukkan bahwa persentase ketuntasan keseluruhan peserta didik sudah melewati 75% yang dijadikan sebagai indikator minimal ketuntasan pembelajaran. Jadi, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan mengunakan model Discovery Learning berbantuan PhET Simulation dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 1. Keywords: Discovery Learning, PhET Simulation, Hasil Belajar Fisika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024