Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) 
Volume 4 Nomor 2 Tahun 2024

Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Melalui Pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) dengan Teknik Miracle Question

Fahrul Islam (Unknown)
Akhmad Harum (Unknown)
Kusnadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Sikap disiplin pada anak harus ditumbuhkan sejak dini, jika anak tidak mempunyai sikap disiplin salah satu masalah yang akan ditimbulkan dapat berdampak hingga dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa diantaranya seperti terlambat datang ke sekolah, tidak memakai atribut sekolah, tidak membuat tugas yang diberikan, dan bahkan membolos. Hal tersebut tidak mencerminkan ketidakdisplinan siswa terhadap tata tertib sekolah. Oleh karena itu diperlukan alternatif untuk dapat menumbuhkan atau meningkatkan kedisiplinan siswa terhadap tata tertib sekolah. Dalam mendukung terselengaranya layanan konseling yang efektif khususnya dalam dunia pendidikan diperlukan model yang relevan dengan pemasalahan, solution-focused brief counseling (SFBC) merupakan salah satu model konseling yang direkomendasikan untuk digunakan dalam memberikan intervensi atau gambaran berupa teknik miracle question agar terbangun kesadaran diri untuk konseli terhadap kedisiplinan terhadap tata tertib melalui pertimbangan dari dalam diri konseli mampu menentukan solusinya sendiri. Hasil penelitian ini mempunyai implikasi terhadap penerapan SFBC dalam lingkungan pendidikan khususnya dalam memberikan layanan konseling.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dikdasmen

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN)  menerima artikel dalam bidang Pembelajaran, Pengajaran, Pendidikan dasar, Pendidikan ...